Errors with Parallel Structure

Pada soal written expression struktur kalimat paralel mirip dengan ada yang ada di soal structure.

Kalimat paralel sendiri merupakan kalimat yang menggunakan conjunction sebagai penghubungnya, seperti  and, but, or, so, dan nor. Selain itu, paralel juga bisa menggunakan correlative conjunction seperti not only….but also, both…and…, either…or, dan neither…nor…

 

And

addition

or

choice, possibility

but

contrast, opposition

nor

negation

so

effect

 

both … and

addition

not only …but also

addition

either … or



choice, possibility

neither …nor

negation

(not A and not B)

 

Pada bagian written expression, format kepenulisan parallel sentence seringkali terdiri dari tiga rangkaian ungkapan dalam bentuk kata atau frasa dan kita perlu mencari satu kata yang tidak sesuai grammar dalam rangkaian tersebut. Part of speech yang biasanya terlibat adalah nouns, adjectives, verbs, prepositional phrases, gerunds, dan infinitives.

Lebih jelasnya mari kita lihat contoh di bawah ini 

  1. Having too many red blood cells can cause stomach ulcers, gout, kidney stony, or a serious blood disease.

Dari soal di atas, ada beberapa hal yang dipisahkan oleh koma. Bisa kita lihat ada stomach ulcers, gout, kidney stony, dan a serious blood disease. Semuanya merupakan nama penyakit dan semuanya seharusnya noun atau noun phrase. Tapi ada satu yang bukan nama penyakit, yaitu kidney stony. Jadi, ini seharusnya merupakan kidney stone.

  1. Maria Salomea Skłodowska moved to France in 1891 to study mathematics, physics, and chemists.

Sepertinya tidak ada yang janggal ya pada kalimat di atas. Semua kata yang terpisah oleh koma berarkhiran s dan juga semuanya noun. Ada dua yang digaris bawahi. Sudahkah kalian sadar? Nah, betul sekali! Yang salah adalah chemists. Meskipun chemists merupakan noun, kalimat tidak bermaksud menjelaskan itu. Tetapi bermaksud untuk menyatakan mata pelajaran apa yang dipelajari oleh Maria Salomea Skłodowska. Sehingga kata chemists diganti dengan chemistry. Apakah tidak apa tanpa s? Tentu saja. Karena memang beberapa nama pelajaran di dalam bahasa inggris berarkhiran s dan ada juga yang tidak.