Kesalahan Noun Pada Written Expression

Pada soal Written Expression, ada empat kata atau frasa yang digarisbawahi. Terkadang, test-takers akan menemukan noun yang digarisbawahi dari salah satu empat pilihan tersebut. Terdapat beberapa kesalahan noun yang biasa ditemukan pada soal written expression. Berikut error pada noun yang dapat test-takers pelajari:

1. Kesalahan penggunaan plural dan singular noun
Dalam menentukan penggunaan plural noun (kata benda jamak) dan singular noun (kata benda tunggal), test-takers dapat menganalisis dari verb dan determiner yang digunakan. Terkadang, kesalahan terdapat pada penggunaan singular noun dengan kata kerja plural atau plural noun yang disandingkan dengan kata kerja singular. Namun, kesalahan noun juga terdapat pada ketidakcocokan antara determiner yang mengawali noun. Mari kita lihat contohnya detailnya
  1. Symptom of patients determine their condition and illness.

       A                        B       C       D

  1. The tilt of the earth’s axis causes some areas of the earth to have four-season.

A                                    B                                     C                  D

Pada soal pertama, kita bisa lihat bahwa kata kerja berbentuk plural. Kata kerja tidak digaris bawahi yang berarti itu sudah tepat sehingga kita harus mengubah noun pada subjek agar kalimat menjadi tepat. Kesalahan terdapat pada A, symptom, yang seharusnya jamak menjadi symptoms. Sedangkan pada soal kedua, kesalahan terletak pada D, season. Terdapat four yang berfungsi sebagai determiner untuk menjelaskan season sehingga kata yang tepat adalah seasons.

2. Kesalahan bentuk plural noun tidak beraturan


Menambahkan s, es, dan ies pada akhiran noun biasanya menunjukkan bentuk yang jamak. Namun, tidak semua kata benda dibubuhi akhiran s, es, atau ies untuk menyatakan jamak. Ada beberapa noun yang tidak beraturan dan menjadi kekeliruan pada soal TOEFL.

Contoh soal,

  • Mouse have genetic similarities to humans, so they are often used as the subject of research.

Kata yang keliru adalah mouse yang seharusnya mice karena verb yang di gunakan adalah plural. Untuk hal ini, memang peserta harus lebih membiasakan membaca artikel berbahasa Inggris dan melakukan persiapan ekstra dengan menghapal vocabulary.

 

3. Kesalahan bentuk plural pada uncountable noun

Terkadang, uncountable noun dijadikan ke bentuk plural yang tentu saja tidak tepat.

Contoh:

  • Formed by oxygen and hydrogen, some waters is not only a liquid but also gas and solid.

Pada soal di atas, water  merupakan uncountable noun sehingga tidak memiliki bentuk jamak. Meskipun terdapat some di depannya, semua uncountable noun mempertahankan bentuk aslinya. Yang harus diingat adalah uncountable noun biasanya merujuk pada kata benda yang berbentuk cairan, gas, atau partikel-partikel kecil yang tidak mungkin bisa dihitung ke bentuk satuan. Untuk soal di atas, kata yang dibutuhkan adalah water, bukan waters

 

4. Kesalahan plural pada compound noun 

Selanjutnya, kesalahan pada bentuk jamak dari compound noun, dua gabungan noun yang membentuk kata baru atau benda baru. Bentuk jamak dari compound noun hanya untuk noun yang di belakang.

Contoh:

  • The yellow color of schools buses in America is not regulated by Federal Law but is recommended for safety.

School dan bus merupakan compound noun sehingga kata school tidak perlu diberi bentuk jamak. Kata yang dibutuhkan adalah school  buses. 

5. Kesalahan bentuk plural dari jumlah dan pengukuran

Beberapa error terhadap noun biasanya tentang kesalahan bentuk jamak dari jumlah dan pengukuran (jarak, waktu, berat dll).

  1. The House of Representatives has 453 members who serve for two-years terms.
  2. Thousand of children are born each day and more than ten million in a year.

Pada contoh a, angka dan jangka waktu bersifat sebagai adjective sehingga tidak ada bentuk jamaknya. Jawaban seharusnya adalah two-year term. Sedangkan pada bagian b, kata thousand harus ditambahkan s karena tidak ada jumlah spesifik atau diawali oleh angka lain. Yang dibutuhkan adalah thousands.