Noun Clause

Sedikit berbeda dengan noun pada umumnya, noun clause merupakan klausa yang berperan sebagai noun. Noun clause dapat berfungsi sebagai subjek, objek, dan complement seperti noun pada umumnya. Noun clause ditandai dengan penggunaan noun-clause markers atau connectors dan diikuti oleh noun dan verb. Berikut beberapa contoh noun-clause markers yang umum digunakan:

 

Noun-Clause Markers

That

Whether

If

What

When

Where

Why

Who

How

Which

Whom

Whose

Whoever

Whenever

Whatever

Wherever

Seperti yang bisa kita lihat di atas, terdapat 5W+1H sebagai tanda dari noun clause. Namun, penggunaan kata tanya pada noun clause berbeda dengan kalimat interogatif. Perbedaan terletak pada urutan subjek dan predikatnya. Mari kita identifikasi contoh-contoh noun clause di bawah ini.

 

Interrogative Sentence

Noun Clause

What did you do last night?

I know what he did last night.

When will she come home?

When she takes the flight is really important for me.

Pada contoh interrogative sentence, kita harus mengubah urutan subjek atau kata kerja atau menambahkan did/do/does sebelum subjek. Pada contoh interrogative pertama, kata “what” diikuti dengan “did” (verba) dan dicontoh kedua “will” diletakkan sebelum subjek dan setelah kata tanya. Sedangkan pada contoh noun clause, struktur kalimatnya adalah noun-clause markers atau kata tanya + subjek + verba. 


Hal ini sering muncul pada soal TOEFL dan membuat peserta bingung untuk memilih jawaban yang tepat. Interrogative sentence sering digunakan sebagai penjebak bagi test-takers. Contoh soal berikut akan membantu kalian untuk memahami noun clause lebih dalam.


  1. ____________ is the refraction of sunlight or moon from ice crystals in the atmosphere. 

  1. People call a fire rainbow

  2. What people call a fire rainbow

  3. People that call a fire rainbow

  4. People who call a fire rainbow that

  1. Currently, it is still being investigated _____________.

  1. whether AI can develop ideas and emotions naturally or not

  2. AI can develop ideas and emotions naturally or not

  3. who AI can develop ideas and emotions naturally or not

  4. whether AI that can develop ideas and emotions naturally


Pada soal pertama, kita bisa lihat terdapat bagian rumpang sebelum is yang merupakan verb. Dengan demikian, kita bisa tarik kesimpulan bahwa yang dibutuhkan adalah subject (noun). Jawaban A akan membuat kalimat menjadi dua klausa independen. Klausa independen hanya ada boleh satu dalam kalimat jika tidak dipisahkan oleh conjunctions. Jawaban C dan D membuat kalimat secara grammar tidak tepat dan merubah makna. Sehingga jawaban yang tepat adalah B.

Penjelasan untuk soal kedua, it merupakan subjek. Is still being investigated merupakan predikat. Kita dapat simpulkan bahwa yang dibutuhkan objek dan kita membutuhkan noun untuk melengkapi kalimatnya. Jawaban B menghasilkan dua independent clause yang tidak dipisahkan oleh conjunctions. Bagian C menggunakan who (orang) dengan rujukan yang tidak tepat. Jawaban D tidak tepat secara struktur dan makna dan jawaban yang tepat adalah A.