Hallo, Swifters. Kali ini kita bahas dulu tips untuk reading comprehension ya, mengingat structure and written expression di TOEFL penjelasannya akan sangat panjang dan banyak sekali, jadi biar tidak terputus-putus, Swifters.

Oke, sejauh ini apa sih kendala utama ketika mengerjakan reading? Banyak yang bilang mengenai pertanyaan “similar meaning”, ada juga yang bingung cara mencari ide utama text atau sebuah paragraf dalam bacaan, ada juga yang bilang susah untuk management waktunya. Nah, tenang, Swifters, disini kita akan bahas tips-tips untuk membuat kita semua mudah dan hemat waktu ketika mengerjakan reading.

Kita mulai dari management waktu. Apa itu management waktu? Management waktu adalah bagaimana caranya kita bisa mengatur waktu sebaik-baiknya untuk mengerjakan reading comprehension sebanyak 50 soal dalam satu jam saja. Kan harus baca dulu? Iya, benar kita harus baca, tapi ada baiknya untuk menghemat waktu, kita baca dahulu soalnya, baru kita cari jawabannya pada soal, jika kita membaca soal terlebih dahulu, hal ini akan menghabiskan banyak waktu. Tips ini bisa diaplikasikan pada pertanyaan similar meaning atau pertanyaan lain yang menyebutkan tanggal, jumlah, atau keterangan tertentu yang detail. Jika pertanyaannya mengacu pada ringkasan atau ide utama sebuah paragraf, barulah kita harus membaca text pada soal. Untuk membaca dengan cepat kita memiliki dua macam cara, yaitu scanning dan skimming. Scanning adalah cara membaca yang hanya berfokus pada 5W1H (What, When, Where, Who, Why dan Who), maka informasi lain silakan dilewati. Lalu Skimming adalah tipe cara baca yang membaca kalimat utamanya saja pada sebuah paragraf. Dalam tata cara menulis, ide utama biasanya diletakkan pada awal (deduktif) atau akhir (induktif) paragraf. Maka dengan cara Scanning kita akan mudah mengerjakan pertanyaan yang menanyakan keterangan pada text, dan skimming akan membantu kita untuk menjawab pertanyaan yang menanyakan ide utama atau ringkasan paragraf atau text.

Untuk pertanyaan “similar meaning” atau yg “best replaced by” silakan perbanyak membaca bacaan bahasa Inggris sebelum test. Untuk kosakata yang kita tidak paham bisa kita cari di kamus dan bisa kita catat pada catatan kita untuk mudah mengingatnya, aplikasikan juga pada percakapan sehari-hari agar tidak lupa.

Nah, itu tadi beberapa tips untuk reading comprehension, Swifters. Semoga membantu ya. Artikel selanjutnya kita akan bahas tips-tips mengerjakan yang katanya yang paling bikin pusing nih, hihi. Ditunggu ya, Swifters.

Categories: Reading

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *