Halo Swifters..sebelum kita ngomongin tips dan trik TOEFL, kita bahas dikit yuk, apa sih TOEFL itu? semua pasti sudah akrab banget kan dengan kata TOEFL? Setiap hari jam 1 siang di Swift cabang manapun kan ada free TOEFL? Tapi apa sih kepanjangan dari TOEFL itu sendiri? TOEFL itu apa sih?TOEFL adalah singkatan dari Test Of English as a Foreign Language yang dalam bahasa Indonesia maksudnya seberapa bagus bahasa Inggris kalian sebagai bahasa asing selain bahasa ibu. TOEFL sendiri adalah produk dari ETS(Educational Testing Service) yang berkedudukan di Amerika Serikat. Nah, pasti penting banget deh buat kita, para pelajar dan mahasiswa untuk punya skor TOEFL guna mengukur kemampuan bahasa Inggris kita. Apa lagi yang pada mau dapat beasiswa atau sekedar melanjutkan pendidikan ke S2 atau kuliah ke luar negeri.



TOEFL itu sendiri soalnya seperti apa sih? Ternyata soal TOEFL itu dibagi menjadi tiga bagian. Bagian yang pertama adalah Listening Comprehension yang dilakukan selama 35 menit dengan tiga part didalamnya. Part pertama adalah soal dengan short dialogue, lalu part kedua adalah soal dengan long dialogue yang biasanya sudah terdiri dari 4 sampai 5 soal per percakapan, dan yang terakhir adalah monologue. Lalu bagian kedua adalah Structure and Written Expression. Selama 25 menit. Wah, apa ya itu? Pada bagian Structure and Written expression ini kemampuan grammar bahasa inggris kita yang diuji, Swifters. Dalam bagian ini ada dua part saja, yaitu part multiple choice dan error analysis. Multiple choice caranya mudah, hanya sekedar meneruskan kalimat atau mengisi titik-titik yang disediakan soal lalu mengisi dengan pilihan jawaban yang tersedia, untuk part error analysis kalian akan diminta untuk mencari bagian mana dari kalimat yang ternyata tidak well organized atau salah. Bagian terakhir dari TOEFL adalah Reading Comprehension selama 55 menit, Swifters. Reading ini sendiri hanya terdiri dari satu part dan satu kali tes biasanya kita akan menjumpai sekitar empat sampai lima bacaan untuk setiap lima sampai enam soal tiap bacaan. Bacaannya tidak panjang, kita hanya diminta teliti dan menguasai banyak kosa kata pada bagian ini.

Nah, sudah tahu kan sekarang TOEFL itu apa? Sudah ada gambaran kan? Siap mencoba tes TOEFL? Atau masih kurang PD dan butuh tips untuk menghadapi soal-soal TOEFL? Tenang, Swifters, kami akan bahas tips dan trik TOEFL yang paling jitu dan ampuh.

Klik link dibawah ini ya