Tips mengerjakan soal Structure pada TOEFL

Pada sesi kedua TOEFL, peserta akan menghadapi soal tentang bentuk ekspresi penulisan Bahasa Inggris secara formal, yaitu Structure and Written Expression. Di bagian pertama, terdapat 15 soal structure yang harus dikerjakan. Secara umum, soal tidak terlihat banyak tetapi banyak peserta menganggap bagian ini sebagai salah satu tantangan tersulit pada tes. Berikut langkah-langkah yang bisa dipersiapkan oleh test-takers saat menghadapi bagian Structure.

  1. Bacalah soal sambil mengidentifikasi bagian apa yang perlu dilengkapi pada kalimat.

  2. Perhatikan apakah pada soal sudah ada subject dan verb karena itu adalah komponen minimal untuk sebuah kalimat, dengan tambahan object dan complement (keterangan atau pelengkap).

  3. Jika pada awal kalimat ada bagian kosong dan kalian menemukan verb pada soal, kemungkinan besar yang dibutuhkan adalah subject. Maka pilihlah subjek yang tepat sesuai dengan verb-nya.

  4. Jika bagian rumpang ada di tengah dan kalian menemukan subject di soal, maka mungkin saja yang dibutuhkan adalah verb.

  5. Jika sudah ada subject dan verb, ceklah object dan complement-nya. Object dan complement bisa berada di awal, tengah, maupun akhir kalimat.



Langkah-langkah di atas telah membahas bagian structure secara garis besar. Secara spesifik, testtakers juga harus memperhatikan hal-hal berikut

 

  1. Setiap part of speech (noun, pronoun, verb, adverb, adjective, preposition, dan conjunction) memiliki fungsi dan tujuan yang berbeda.

  2. Subjek dan objek harus berbentuk noun atau pronoun yang biasanya diawali oleh determiner (a, an, the) dan adjective.

  3. Subject dan verb harus sesuai. Subject tunggal harus diikuti oleh verb tunggal dan subject jamak harus diikuti oleh verb jamak.

  4. Pahami tentang urutan dan  penggunaan adjectives dan  adverbs.

  5. Pahami tentang verb, seperti tenses, passive, infinitive, dan participle.

  6. Pelajari tentang clause dan parallel structure.